3 Perbedaan Utama Asuransi Kesehatan dan Asuransi Jiwa, Apa Saja?

Perbedaan Utama Asuransi Kesehatan dan Asuransi Jiwa

Produk asuransi semakin dikenal masyarakat di segala jenis golongan termasuk milenial. Contoh produk asuransi kendaraan, asuransi jiwa, asuransi rumah, dan asuransi lainnya. Namun dari sekian banyak jenis asuransi, manakah yang lebih penting untuk didahulukan?

Pengertian Asuransi Jiwa dan Asuransi Kesehatan

Asuransi jiwa adalah asuransi yang memberikan perlindungan terhadap risiko yang terjadi jika tertanggung meninggal dunia disebabkan oleh kecelakaan atau tidak kecelakaan. Dana atau uang pertanggungan akan diserahkan kepada ahli waris. Asuransi kesehatan adalah asuransi yang memberikan perlindungan terhadap biaya perawatan rumah sakit baik rawat inap atau rawat jalan.

Beberapa perbedaan asuransi jiwa dan asuransi kesehatan yang harus kamu tahu sebelum membeli

1. Risiko yang Ditanggung

Asuransi jiwa akan diberikan oleh perusahaan asuransi kepada tertanggung jika pemegang polis meninggal dunia atau mengalami cacat yang disebabkan karena kecelakaan. Dengan asuransi jiwa, kondisi finansial keluarga akan tetap terjaga walaupun sumber pendapatan terputus. Untuk asuransi kesehatan, biaya penanganan akan diberikan jika tertanggung sakit. Biaya pengobatan dapat ditujukan untuk rawat inap atau rawat jalan termasuk biaya obat-obatan.

2. Proses Klaim

Terdapat perbedaan untuk proses klaim asuransi. Pada asuransi jiwa, jika terjadi risiko kematian maka yang berhak melakukan klaim adalah ahli warisnya. Cara klaimnya adalah mengajukan dokumen klaim kepada perusahaan asuransi. Setelah perusahaan asuransi melakukan verifikasi dan disetujui, maka pembayaran klaim akan dilakukan kepada ahli waris. Untuk asuransi kesehatan, proses klaim dapat dilakukan dengan cara reimburse dan cashless.

3. Penerima Manfaat

Pada asuransi jiwa, manfaat berupa pembayaran klaim jika pemegang polis meninggal kepada ahli waris. Pada asuransi kesehatan, penerima manfaatnya adalah pemegang polis itu sendiri. Asuransi kesehatan memberikan perlindungan langsung kepada pemegang polis, bukan kepada ahli waris.Itulah 3 perbedaan asuransi jiwa dan asuransi kesehatan. Premi kedua asuransi ini pun beragam tergantung jenis produk yang kamu pilih. Untuk asuransi kesehatan Super You, premi mulai dari Rp 30 ribu per bulan dengan santunan harian hingga Rp 1 juta per hari. Asuransi jiwa juga dimulai dengan premi terjangkau. Yuk, beli produknya!

Related Post