4 Macam Desain Rumah Minimalis 1 Lantai

4 Macam Desain Rumah Minimalis 1 Lantai

Konsep minimalis merupakan konsep desain yang banyak digemari karena terlihat sangat-sangat sederhana namun tetap terlihat indah. Salah satu jenis rumah minimalis adalah rumah dengan 1 lantai. Rumah 1 lantai ini tetap memiliki daya tarik bila ditata dengan konsep berbeda. Berikut ini ada beberapa desain rumah minimalis 1 lantai yang bisa jadi inspirasi.

1.  Clean Interior

Rumah yang berlantai 1 memanglah rumah dengan kapasitas yang cukup minim. Apabila Anda terlalu banyak barang hingga kamar yang terlalu banyak, mengakibatkan rumah terlihat padat. Tentu dampaknya bisa membuat sesak penghuni yang tinggal sehingga pergerakan dalam rumah tidak bisa bebas.

Oleh karena itu, Anda bisa mencoba konsep clean interior dengan membagi-membagi ruangan agar terlihat spesifik dan dapat digunakan secara maksimal. Jangan lupa menggunakan warna yang dominan cerah dan lembut. Tujuannya bisa menimbulkan efek yang lebih luas dan pergerakan bisa lebih leluasa. Hindari warna yang cenderung gelap karena membuat ruangan semakin sempit.

2.  Simple Modern

Bagi Anda yang memiliki rumah 1 lantai, Anda bisa menggunakan konsep modern ini agar rumah terlihat bagus dan menarik. Pasalnya, desain simple modern ini bisa memberikan kesan rumah yang istimewa. Pendukung lainnya agar rumah terlihat menonjol adalah menggunakan warna monotone dan pembagian tiap ruangan yang pas serta spesifik seperti mini kitchen, mini laundry dan mini garden.

3.  Semi Rustic

Memiliki rumah 1 lantai membuat semua peralatan hingga furnitur biasanya menyebabkan kondisi rumah menyesakkan. Idaman rumah homie pun terkadang perlahan sirna. Oleh karena itu, Anda bisa meminta bantuan jasa desain interior untuk menata dengan tema semi rustic.

Tema ini pada umumnya memanfaatkan elemen kayu dan warna-warna yang terlihat layaknya alam serta memberikan kesan pedesaan dalam konsep minimalis. Dengan begitu, impian rumah homie bisa terasa terutama ditambah dengan tanaman hijau yang asri.

4.  Rumah Terbuka

Kreativitas dalam mengelola rumah berlantai 1 memanglah dituntut ekstra. Terutama dalam segi penataan ruangan agar terlihat luas dan bisa bergerak leluasa. Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin memberikan efek luas, Anda bisa mengatur rumah dengan konsep terbuka. Upayakan untuk menghindari penyekatan antar ruang. Misalnya tempat makan dengan dapur jangan diberi sekat tembok.

Upayakan saat memasuki ruang tamu sampai bagian dapur terlihat luas tanpa sekat apapun. Apabila Anda tetap ingin memberi batas antara dapur dengan ruang tengah maupun ruang tamu, Anda bisa memberi batas yang terbuat dari kaca. Bagian sudut rumah lain juga bisa ditambah dengan kaca. Pasalnya, kaca dapat memudahkan cahaya masuk ke dalam rumah sehingga efeknya lebih luas

Itulah beberapa informasi mengenai cara membuat desain rumah minimalis yang terdiri dari 1 lantai terlihat luas dan bisa bergerak leluasa. Anda bisa menyesuaikan dengan kondisi Anda.