Gejala Kolesterol Naik yang Harus Diwaspadai

Gejala Kolesterol Naik yang Harus Diwaspadai

Saat tubuh memiliki kadar kolesterol yang tinggi, tubuh akan memunculkan semacam tanda agar si pemilik tubuh bisa menyadari hal itu dan bisa segera memeriksakan diri jika merasakan gejala kolesterol naik dan juga mengubah pola hidup sehat sehingga tidak menimbulkan masalah serius lainnya.

Gejala Menderita Kolesterol

  1. Sakit Kaki

Gejala peningkatan kolesterol bisa menyebabkan arteri perifer di mana dinding arteri tersumbat oleh plak karena penumpukan kolesterol. Jika Anda mengidap penyakit ini, tubuh mungkin saja memberikan rasa kesemutan dan sakit pada kaki.

  1. Benjolan di Tubuh (Xanthoma)

Kolesterol yang meningkat dan menumpuk juga dapat menyebabkan xanthoma yaitu bercak kuning di permukaan kulit atau benjolan di dalam kulit. Orang dengan gen genetik biasanya menghadapi situasi ini dengan kolesterol cenderung lebih tinggi. Namun, siapa pun yang memiliki kadar kolesterol tidak terkontrol dan tinggi juga dapat mengalami gejala kolesterol.  Benjolan bisa terjadi di area kaki, tangan, persendian dan pinggul. Selain sakit, kadang juga bisa menimbulkan rasa gatal.

  1. Sakit Dada (Angina)

Penyumbatan arteri karena kolesterol juga bisa menurunkan asupan oksigen tubuh. Ini terjadi karena aliran darah yang mengangkut oksigen tidak dapat mencapai jantung. Akibatnya, Anda akan mengalami gejala angina seperti nyeri dada, sesak napas, dan pusing. Jika tidak ditangani, dapat menyebabkan komplikasi seperti penyakit jantung.

  1. Batu Empedu (Gallstones)

Tubuh kita membutuhkan kolesterol untuk empedu. Salah satu tugas utama empedu adalah mengolah lemak untuk diserap. Tak hanya itu, organ ini juga sangat penting sehingga usus halus mampu menyerap berbagai vitamin, di antaranya A, D, E, dan K.

Namun, bila kadar kolesterol terlalu tinggi tingkat empedu juga bisa menjadi berlebihan dan keluar terlalu banyak. Akibatnya empedu berlebih mengkristal dan berubah menjadi batu yang menimbulkan berbagai gejala seperti mual dan muntah, sakit perut, dan urine berwarna gelap.

  1. Tekanan Darah Tinggi (Hypertension)

Perlu diketahui bahwa tekanan darah tinggi merupakan gejala dari peningkatan kolesterol. Ini terutama disebabkan oleh arteri yang tersumbat oleh kolesterol. Kemudian, penyumbatan ini menyebabkan arteri menyempit dan mengeras (aterosklerosis). Jika ini terjadi, Anda mungkin mengalami beberapa gejala, termasuk sakit kepala, pusing, bahkan nyeri dada dan sesak napas.

Tidak hanya itu, penghambatan ini dapat mengakibatkan kondisi yang fatal dan berbahaya. Beberapa di antaranya adalah serangan jantung dan stroke. Oleh karena itu, harap diperhatikan gejala peningkatan kolesterol.

Cegah Kolesterol Bersama Acticor

Tidak ada salahnya untuk mulai mengonsumsi Nestlé ACTICOR untuk membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh. Ini karena Nestlé ACTICOR melengkapi β-glukan yang diekstrak dari gandum dan inulin dari tanaman sawi putih.

Kedua bahan ini menjadikan Nestlé ACTICOR cara alami untuk menurunkan kolesterol. Rasakan nikmatnya dengan empat rasa alpukat, pisang, coklat, dan latte green tea yang lezat. Konsumsi Nestlé ACTICOR dua kali sehari setelah makan terlepas dari gejala kolesterol naik yang dialami. Namun jika semakin parah ada baiknya untuk segera berkonsultasi dengan dokter.

Related Post