Ini Dia Perbedaan Americano dan Espresso dari Segi Citarasa

Ini Dia Perbedaan Americano dan Espresso dari Segi Citarasa

Americano dan espresso adalah dua jenis kopi yang hampir mirip. Kemiripannya bisa dilihat dari warnanya. Di mana americano dan espresso memiliki warna yang sama-sama hitam. Untuk itu, banyak orang yang masih sulit untuk membedakannya. Padalah ada banyak perbedaan americano dan espresso loh. Salah satunya dari segi citarasa.

Nah, bagaimana si perpedaan si americano dan espresso dari segi citarasa? Sebelum membahasnya, kamu perlu tahu, jika citarasa kopi terdiri dari beberapa kategori loh. Untuk itu, perbedaan citarasa americano dan espresso juga akan dibahas berdasarkan kategori citarasa kopi itu sendiri.

4 Perbedaan Americano dan Espresso dari Segi Citarasa

  1. Aroma

Salah satu hal yang berkaitan dengan citarasa kopi adalah aroma kopi itu sendiri. Lalu, bagaimana aroma dari americano dan espresso?

Dari kategori aroma, americano tidak sepekat atau setajam espresso. Hal ini karena americano terbuat dari satu atau dua shot espresso yang ditambahkan dengan air. Sedangkan, espresso sendiri berasal dari bijo kopi murni yang diekstraksi, sehingga aroma kopinya pasti tajam kan ya.

  1. Acidity

Selanjutnya, citarasa kopi juga bisa dilihat dari tingkat keasamannya. Nah, untuk americano sendiri memiliki tingkat keasaman lebih rendah dibandingkan dengan espresso ya. Hal ini karena americano disajikan dengan air yang suhuya yang lebih panas. Sehingga, americano lebih memiliki rasa yang lebih ringan dibandingkan espresso.

  1. Body

Citarasa kopi juga bisa dilihat dari body. Body di sini artinya berat. Di mana apakah kopi yang diminum akan terasa berat atau full pada mulut.

Nah, jika kamu menikmati atau menyeruput kopi dengan rasa yang kuat, maka mulut akan terasa penuh atau biasa disebut full body. Sedangkan, kopi yang kamu minum akan terasa lebih ringan di mulut, maka disebut light body.

Jika dilihat dari penjelasan di atas, tentunya kamu sudah bisa menebak jika americano memiliki citarasa yang light body ya. Hal ini karena americano memiliki rasa yang lebih ringan dimulut dibandingkan dengan espresso yang rasanya lebih pekat.

  1. Flavour

Kategori keempat dan sekaligus menjadi kategori terakhir dari citarasa kopi adalah flavour atau rasa kopi itu sendiri. Nah, lalu bagaimana perbedaan rasa dari americano dan espresso.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, espresso terbuat dari biji kopi yang diekstrak. Sedangkan americano terbuat dari dua shot espresso yang ditambahkan atau dicampur dengan air. Untuk itu, bisa disimpulkan rasa dari espresso lebih tajam atau bisa dikatakan lebih pahit dibandingkan dengan americano.

Nah, itulah beberapa perbedaan americano dan espresso dari segi citarasa. Dari informasi tersebut, selain mengetahui citarasa dari americano dan espresso, kamu juga bisa tahu penilaian citarasa kopi bisa dilihat dari keempat kategori tersebut ya. Dan pertanyaannya, dari citarasa americano dan espresso, citarasa yang mana yang menjadi pilihan kamu?

Related Post