Penyebab Batuk Kering Pada Anak Yang Harus Diwaspadai

Penyebab Batuk Kering Pada Anak Yang Harus Diwaspadai

Batuk kering termasuk jenis batuk yang cukup mengganggu dan bisa melukai tenggorokan. Apalagi batuk kering dialami langsung oleh anak-anak. Pasti akan membuat si kecil kesakitan. Batuk merupakan gerak refleks tubuh untuk melakukan pembersihan di sistem pernapasan. batuk hal normal dan bisa sembuh sendiri. batuk pada si kecil ada yang gejalanya ringan hingga berbahaya. Oleh karena  moms dan dads harus mengawasinya dengan baik. berikut ini penyebab batuk kering pada anak yang harus diwaspadai.

Virus

Batuk pada anak bisa disebabkan oleh infeksi virus. Virus akan membuat radang dan iritasi saluran pernapasan.  Sedangkan adanya iritasi tersebut, tubuh akan batuk sebagai reaksi terhadap gangguan. Ada beberapa batuk yang disebabkan oleh virus. Seperti flu, pilek, bronchiolitis dan croup.

Asma

Asma merupakan penyakit yang mengganggu jalur pernapasan, karena adanya penyempitan atau radang. Sehingga kita sulit bernapas. Saat sesak napas karena asma, pernapasan akan terdapat bunyi seperti siulan. Napasnya juga pendek dan cepat. Biasanya akan dibarengi dengan batuk yang tidak berhenti-henti, karena proses pernapasan  yang terganggu.

Batuk Rejan (Pertussis)

Batuk rejan atau pertussis merupakan batuk yang disebabkan oleh infeksi bakteri bordetella pertussis. Bakteri ini akan menempel pada saluran pernapasan atas dan mengeluarkan racun. Sehingga terjadi pembengkakan di saluran pernapasan. gejala awalnya mirip dengan flus. Seperti hidung berair, demam ringan, apnea hingga batuk ringan. Kemudian penderita akan mengalami batuk terus menerus, sampai saluran pernapasan berbunyi suara whoop.

Menelan atau Menghirup Benda Asing

anak-anak masing sering menelan atau menghirup benda asing di sekitarnya. Terutama buat anak dibawah satu tahun. Karena adanya gangguan tersebut, akan membuat tubuh bereaksi dengan batuk kering. Saat ada benda asing yang tertelan, tubuh akan langsung mengeluarkan batuk. Jika hal ini, moms dan dads harus segera melakukan pertolongan pertama. Atau membawanya ke UGD

Alergi

Si kecil bisa mengalami alergi apa saja. entah alergi dingin, debu, makanan dan lainnya. alergi terjadi karena sistem imun salah melakukan identifikasi terhadap suatu hal. Tubuh menganggap hal tersebut asing dan bereaksi berlebihan. Salah satu reaksinya adalah batuk kering. Selain itu bisa menimbulkan reaksi hidung berair, bersin atau gatal-gatal.

Masih banyak penyebab batuk kering yang harus anda waspadai. Jika anak mengalami batuk kering jangan langsung panik dan memberikan obat. Anda bisa mengatasinya sendiri dengan bahan alami di rumah. Cobalah untuk memberikan minuman atau makanan hangat. Untuk anak yang masih asi, bisa diberi asi lebih banyak. gunakan air humidifier di kamar, ini akan membantu udara lebih sejuk dan bersih. Sehingga pernapasan anak anda lebih nyaman. jika batuk tidak sembuh hingga berhari-hari, bisa konsultasikan langsung ke dokter. untuk mencari informasi kesehatan anak lainnya, anda bisa cek di orami magazine.

Related Post