Perlukah Memilih Susu Terbaik Untuk Anak 2 Tahun?

Perlukah Memilih Susu Terbaik Untuk Anak 2 Tahun?

Setelah anak memasuki usia tamat ASI, orang tua akan melanjutkan pemberian nutrisi kepada anak dengan pemberian susu formula. Apalagi jika anak sudah berusia 1 tahun ke atas biasanya sudah akan diberikan susu formula. Namun umumnya disarankan anak masih diberikan MPASI setelah beranjak 6 bulan hingga 2 tahun. Seiring meningkatnya usia anak tentu kebutuhan susu formula juga meningkat maka dari itu orang tua akan mencari susu terbaik untuk anak 2 tahun ke atas.

Pemberian susu formula dikatakan dapat mendukung pertumbuhan dan juga perkembangan anak serta untuk perbaikan gizi. Pasalnya susu formula memang mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh bukan hanya anak-anak namun juga orang dewasa. Wajar jika susu formula dipilih sebagai minuman bernutrisi untuk menunjang kegiatan sehari-hari.

Apakah Anak 2 Tahun Butuh Susu Formula?

Kebutuhan akan susu formula seringkali disalahartikan. Padahal, bayi yang baru lahir hingga usia 6 bulan tidak membutuhkan makanan dan atau minuman lain kecuali ASI. ASI sangat disarankan untuk tetap diberikan hingga anak berusia 2 tahun atau lebih. Nah, kemudian setelah 2 tahun, apakah anak masih membutuhkan susu formula? Jawabannya adalah tergantung.

Susu terbaik untuk anak 2 tahun biasanya tidak diharuskan karena anak berusia 2 tahun umumnya sudah mampu untuk makan dan minum sendiri. Hal ini artinya kebutuhan nutrisi anak sudah dapat terpenuhi dari makanan dan minuman yang ia konsumsi. Dengan begitu Ibu tentu harus lebih ekstra dalam memperhatikan pola makan si kecil dengan menyediakan menu makanan yang sehat untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya.

Kesimpulannya, anak tidak membutuhkan susu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya karena sudah dapat digantikan dengan makanan lain yang juga memiliki kandungan nutrisi yang cukup dibutuhkan oleh anak misalnya seperti sayur-sayuran, buah-buahan, ikan, daging, telur, dan masih banyak lagi.

Kapan Anak Butuh Susu Formula?

Namun bukan berarti anak tidak membutuhkan susu formula. Terdapat beberapa kondisi di mana meskipun anak telah beranjak 2 tahun, susu formula masih tetap harus diberikan. Susu formula dapat diberikan sesuai dengan resep dokter atau bisa membeli susu formula yang dijual di pasaran.

Susu formula dapat diberikan apabila makanan atau minuman yang dikonsumsi anak tidak mampu untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya misalnya hanya makan secukupnya. Kondisi anak yang kekurangan berat badan juga biasanya disarankan untuk diberikan susu formula hingga berat badannya ideal.

Maka dari itu ada susu formula yang dikhususkan untuk anak 2 tahun bahkan hingga anak berusia 12 tahun. Apalagi kandungan kalsium di dalam susu juga cukup tinggi untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi anak.

Kembali lagi kepada kebutuhan si kecil entah itu pemberian susu formula setiap hari untuk anak atau hanya hari-hari tertentu saja. Kini sudah ada susu terbaik untuk anak 2 tahun dari SGM yang mengandung nutrisi seimbang yang dibutuhkan oleh si kecil hingga berusia 12 tahun baik itu untuk pilihan susu formula original susu sapi atau susu soya.

Related Post