Susu Nutrisi untuk Lansia, Seberapa Penting?

Susu Nutrisi untuk Lansia, Seberapa Penting?

Mengonsumsi susu kerap dikaitkan dengan anak-anak atau remaja. Namun layaknya mereka, orang lanjut usia pun memerlukan susu sebagai pelengkap nutrisi makanan untuk memenuhi gaya hidup sehat. Pasalnya orang berusia lanjut membutuhkan asupan kalsium lebih tinggi, sehingga susu nutrisi untuk lansia diharapkan dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi para lansia di usia senja.

Tak hanya kaya akan kalsium, susu bagi lansia juga kaya akan vitamin D yang diperlukan oleh tubuh. Meskipun begitu, terdapat pro dan kontra mengonsumsi susu bagi manula. Pertama-tama mari kenali terlebih dahulu apa saja manfaat mengonsumsi susu bagi orang lanjut usia.

Apa Saja Manfaat Mengonsumsi Susu Bagi Lansia?

Berikut beberapa manfaat mengonsumsi susu bagi lansia, diantaranya:

  • Menghambat Pengeroposan Tulang

Mengonsumsi susu dapat menghambat pengeroposan tulang, karena susu kaya akan kalsium serta vitamin D. Kalsium serta vitamin D tersebut bermanfaat untuk membuat tulang lebih padat, sehingga ampuh mencegah kerapuhan dan pengeroposan tulang pada lansia.

  • Mencegah Pengapuran Sendi

Lansia yang rutin mengonsumsi susu dapat membantu mencegah osteoarthritis atau pengapuran sendi.

  • Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Manfaat susu bagi orang lanjut usia adalah baik bagi kesehatan jantung. Karena kandungan kalium pada susu berperan penting dalam tekanan darah, dan asupan kalium yang cukup dapat membantu menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

  • Membuat Tidur Nyenyak

Vitamin D yang terkandung dalam susu membantu merangsang produksi hormon serotonin yang dapat membuat seseorang tidur lebih nyenyak.

Perhatikan Kandungan Gula dan Lemak Pada Susu

Tak hanya mengandung segudang nutrisi, susu juga mengandung gula dan lemak yang kadarnya cukup tinggi. Susu dengan kandungan gula tinggi tak dianjurkan bagi lansia dengan diabetes, begitupun susu dengan kandungan lemak tinggi tak baik bagi tekanan darah serta kesehatan jantung.

Karena itu Anda perlu memperhatikan dengan teliti dan sesuaikan susu nutrisi untuk lansia dengan kondisi kesehatan masing-masing. Konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu bila perlu.

Seberapa Banyak Susu yang Harus Dikonsumsi Lansia?

Sebenarnya tidak ada ketentuan pasti seberapa banyak susu yang wajib dikonsumsi lansia setiap harinya. Apabila kebutuhan kalsium harian telah tercukupi dengan baik, maka tak perlu mengonsumsi susu terlalu sering.

Apabila lansia tidak menyukai susu, Anda tak perlu khawatir atau cemas. Karena asupan protein, kalsium, serta vitamin D bisa didapatkan dari makanan lainnya seperti makanan hewani dan sayuran hijau.

Susu Lansia Tidak Dapat Menggantikan Makanan!

Meskipun susu kaya akan gizi yang diperlukan tubuh, susu tetap tidak dapat menggantikan peran makanan dalam memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Sehingga mengonsumsi susu saja tak cukup, lansia juga perlu mengonsumsi makanan bergizi lainnya agar kondisi tubuh tetap terjaga dan tidak mudah sakit.

Susu nutrisi untuk lansia memang penting, namun bukan berarti susu dapat dijadikan sebagai pengganti makanan. Apabila lansia sulit untuk makan cobalah untuk menghaluskan makanannya agar mudah untuk ditelan, sehingga tak bergantung dengan susu lansia saja.

Related Post