Takaran Kebutuhan Nutrisi Bagi Balita

Takaran Kebutuhan Nutrisi Bagi Balita

Baik tidaknya pertumbuhan anak dimasa kanak kanak sampai dengan remaja sangat dipengaruhi sekali dengan pemenuhuan gizi seimbang pada balita atau anak yang berada di fase dibawah lima tahun.

Karena dalam fase inilah proses awal dari dasar perkembangan anak menjadi lebih bisa di kontrol. Dari sisi kalolori misalkan masa kanak kanak tahun pertama ini membutuhkan setidaknya 100-120 Kkal/kg berat badan.

Sedangkan engeri sendiri pada anak anak akan di dapatkan dari adanya penambahan dari gizi yang bersumber dari makanan yang mengandung karbohidrat,lemak,dan juga protein.

Masa masa balita ini banyak orang menyebutnya sebagai sebuah masa peralihan alias transisi ke masa kanak kanak. Dimana juga pasti akan ada sebuah moment si balita akan mencoba banyak jenis makanan yang baru ia kenal.

Dimana tantanganya terkadang si balita tidak mau memakanya, padahal sangat dibutuhkan sekali oleh perkembangan tubuh mereka di masa kanak kanak nanti.

Berikut akan kami sajikan lengkap kalkulasi jumlah rata-rata kebutuhan nutrisi balita disaat mereka mulai berusia 2 samapai dengan 3 tahun.

Biji padi-padian

Yang pertama adalah makanan dari jenis biji dan padi padian ini dengan rincian kebutuhan sebagai berikut:

Pada balita usia 2 tahun: membutuhkan 3 ons (85 gram).

Kemudian pada usia balita usia 3 tahun: membutuhkan 4-5 ons (110-140 gram) ini semuanya dalam satuan hitung per hari.

Sayuran

Kemudian sayuran, jangan sampai dilupakan ya bunda karena ini sangat penting sekali anda siapkan dan sajikan kepada anak anda.

Dengan takaran kebetuhan harian sebagai berikut:

balita usia 2 tahun: membutuhkan 1 gelas takar sedangkan pada balita usia 3 tahun: membuthkan lebih banyak yakni 1,5 gelas takar.

Buah-buahan

Kemudian buah buahan juga sangat penting sekali bagi pemenuhuan gizi balita dengan rincian kebutuhan sebagai berikut:

usia 2 tahun: membutuhkan 1 gelas takar sedangkan pada usia 3 tahun: 1,5 gelas takar.

Susu

Kemudian susu juga sama saja dimana balita sangat membutuhkan dengan takaran sebagai berikut:

usia 2 tahun: membutuhkan 2 gelas (400 ml) sedangkan pada usia 3 tahun: 2 gelas (400 ml).

Daging dan kacang-kacangan

Kemudian yang terakhir adalah makanan daging dan kacang kacangan yang ini sangat penting sekali karena makanan ini sumber dari protein, lemak, kemudian mineral serta serat yang bisa anda fungsikan sebagai pemenuhan gizi terbaik bagi buah hati anda.

Adapun takaran kebutuhannya antara lain:

balita dengan usia 2 tahun: membutuhkan sebanyak 2 ons (65 gram) sedangan pada usia tahun: 3-4 ons membutuhkan sekitar (85-115 gram).

Kemudian jangan lupa juga pemenuhan vitamin dan air. Dimana air mineral atau air putih ini sangat sangat penting yang harus selalu sering di minum oleh balita dan kurangi minuman kemasan.

Related Post